Pages

Sunday

Explore Lombok

Kalau denger Lombok, gw bawaannya pengen honeymoon. Tapi apa daya, gw belom nemu jodoh pas gw memutuskan untuk beli tiket promo dari Garuda buat ke Lombok. Dan akhirnya gw bertiga (*iya bertiga ajah, klo berdua jadi honeymoon donk..hee) pergi ke Lombok tanggal 20 Maret kemaren (*masih 2015 yee).
Gw kira Lombok itu sama kayak Bali. Ternyata ngga men. Lombok itu mayoritas Islam. Tapi yang gw heran kenapa gw sering banget liat anjing liar berkeliaran deh. Agak serem juga 😅
Gw nyampe Lombok itu udah malem, dan minta jemput di bandara dari hotelnya. Gw milih stay di hotel Bumi Adithya. Letaknya deket pantai Senggigi, tergolong murah plus view nya bukit gitu dan cukup strategis. Maklum saya backpackeran, jadi harus dapet benefit yang lumayan...hehee.

Day 1

Tadinya rencana mau ke pink beach trus menyusuri pantai-pantai yang ada di daerah selatan, tapi semua berubah karena 1 orang yang tiba-tiba keidean mendadak. Akhirnya kita ke daerah utara, ke kaki gunung rinjani. Susah emang kalau bawa anak gunung ke pulau yang banyak pantainya, ujung-ujungnya doi tetep mau liat gunung 😔. Agak memakan separuh hari siy kalau mau menyusuri daerah utara tapi dapet view nya keren.
Oh iya sebelum nyampe utara, kita ngelewatin namanya bukit Malimbu. Bisa liat 3 Gili dari kejauhan.

Nyampe rinjani sekitaran 3 jam dan itu sampe di daerah Senaru. Kalau kata guide sekaligus drivernya siy biasanya orang hiking lewat Sembalun, turun baru lewat jalur Senaru.
Btw, rinjaninya sendiri masih belum dibuka buat pendakian. Mungkin efek musim hujan kali yaa, baru dibuka lagi April.

Sekali lagi, karena gw bawa anak gunung, jadi dia tetep mau maksain trekking sampe dibawah gapura yang ada tulisan rinjaninya. Padahal ternyata jauhnya sekitar 1,5km (*hadeeuhh..tepok jidat). Untung gw udah lumayan biasa trekking. Dan untungnya juga, gw ga bawa-bawa keril. Di tengah jalan sempet ngos-ngosan karena tracknya lumayan terjal plus agak becek. Ya iyalah musim ujan..

Setelah puas foto dibawah gapura, kita langsung turun dan lanjut ke pink beach. Udah harap-harap cemas ga keburu gitu. Takut kesorean. Tapi alhamdulillah, kita nyampe sana sekitar jam 4an. Masalahnya adalah pantainya lagi surut.. 😭😭
Giliran mau pulang karena udah magrib, baru balik deh tuh air ke pantai. Tapi gapapa lah, setidaknya gw tau kalau itu pantai beneran terlihat pink, karena pecahan kerang dan batu koral kayaknya. Awesome!!!

Day 2

Ga afdol rasanya kalau ke Lombok tapi ga ke Gili. So, hari kedua kita abisin di Gili Trawangan. Yupz..seharian doank. Ga pake nginep. Soalnya kita ga ke gili air dan meno. Mungkin gw bakal datengin Gili itu kalau beneran honeymoon...hahaaa karena katanya lebih sepi. Asoooyy!!!
Pagi-pagi ke pelabuhan bangsal. Kita pakai public boat biar murah. Gapapa deh lama, cuma 45 menit ini...hee. Harganya cuma 15ribu. Oh iya, kalau naik taksi ke bangsal, kita diturunin di depan gerbang. Jalan aja, ga jauh kok. Kecuali kalau mau icip naik semacam delman, namanya Cidomo.

Setelah nyampe Gili, langsung deh sewa sepeda. Yuhuuu!! Kelilingin Gili pake sepeda sekalian nyari spot yang oke buat foto-foto!! Nyewa sepeda kalau ramean bisa ditawar. Kemarin gw dapet 30rb sampai sore. Trus kalau mau snorkeling juga bisa. Banyak yang nawarin paketan buat snorkeling, diving atau surfing. Biasanya kalau snorkeling dibawa ke daerah deket Gili Air atau Meno. Lebih bagus gitu spotnya.
Oh iya, kalau nyampe Gili jangan lupa beli es krim gellato. Enak laahh pokoknya!

Btw, penyeberangan buka dari jam 08.00 - 17.00. Dan sekitar jam 4an sore, kita balik. Sempet ke penginapan dulu sebentar abis itu lanjut Senggigi. Tadinya siy mau liat sunset gitu...ehh telat. Tinggal sisa-sisa senja deh. Tapi sumpe langitnya bagus!!

Karena kita udah kelaperan, kita langsung cuss cari makan. Jangan lupa kalau di Lombok harus cobain yang namanya Ayam Taliwang. Ayamnya bisa dibakar atau digoreng. Trus level pedesnya berbeda. Ada pedes banget, ada pedes manis, ada pedes biasa. Jangan lupa juga cobain Plecing Kangkung. Karena kangkung khas Lombok tuh agak beda teksturnya. Daunnya agak lebih lebar dan diameter gagangnya lebih besar.

Day 3

Nah di hari terakhir ini gw maennya di daerah selatan. Tapi pertama gw kunjungin pura Batu Bolong atau Batulayar. Sebenernya pura ini deket sama hotel yang gw tempatin. Baru sempet hari terakhir ngunjunginnya..hee. Entah kenapa gw selalu suka dateng ke pura. Pura itu letaknya di tempat-tempat yang emang pemandangannya tuh indah banget! Dulu gw dateng di pura bogor, letaknya di daerah pegunungan. Sekarang pura yang letaknya deket laut. Hampir sama kayak di Bali siy. Tapi serius deh gw kagum.. 😊

Lanjut ke Tempat pengrajin tenun. Konon sebelum para wanita membuat tenun siy harus puasa dan melaksanakan solat dan baca Al qur'an gitu ritualnya. Mungkin biar mereka bisa dapet ide gimana bikin motifnya. Dan ada cerita lagi, kalau kata guidenya niy, kalau ada yang baru putus tapi masih pengen balikan sama mantannya, harus beli tenun ini. Katanya siy bisa bikin balikan lagi dan sampai nikah. Tapi percaya ga percaya yaa. Ada orang bule yang ngelakuin dan berhasil nikah sama mantannya..hehee. Sama penjaga tokonya, gw disuruh nyobain baju adat cewe khas Lombok. Mayan buat foto-foto..hahaa

Abis itu kita ke desa Sade. Desa yang masih asli dengan adat Lomboknya ini sengaja dilestarikan dan buat kunjungan umum. Rumah mereka dibikin dari kotoran kerbau, katanya siy biar lebih awet. Dan kadang dipel pun pakai kotoran kerbau. Katanya kalau masih basah siy emang agak bau gitu. Tapi pas udah kering mah ngga bau sama sekali.

Abis dari desa Sade, gw lanjut ke pantai Kuta. Yups, pantai Kuta ga cuma di Bali, tapi di Lombok juga ada. Dan terkenal dengan butiran pasir yang kayak merica.

Karena pantai-pantai di daerah Selatan ini berdekatan, jadi enak aja langsung jalan-jalan ke pantai yang lainnya. Selanjutnya ada pantai Tanjung Aan. Disini sepi, jadi enak aja kalau mau main air. Jernih pula...

Kemudian ada pantai yang konon dulu ceritanya tempat putri Anjani menceburkan diri ke laut dan pada akhirnya berubah menjadi nyale. Nyale itu sejenis cacing laut. Makanya setiap tahun selalu ada perayaan mencari nyale di pantai tersebut. Biasanya dilakukan di bulan Februari atau Maret karena nyale keluar di musim penghujan dan kira-kira di bulan tersebut.

Dan yang terakhir gw ke pantai Mawun. Nah disini ombaknya lumayan gede. Banyak bule berenang disini. Bawa pasangan pula, kan gw jadi pengen.. (*loh?!)

Malemnya gw makan sate bulayak di daerah taman Sangkareang, Mataram. Salah satu makanan khas Lombok sejenis sate dan lontong. Gw pesen yang daging sapi. Bumbunya enak deh.

Karena gw dapetnya flight pagi, jadi nemu sunrise nya di bandara. Cihuuyy!! Gw pengen balik lagi ke Lombok kalau udah ada suami...hahaaa!! Enak kali yee honeymoon disini...hohoo