Pages

Saturday

Backpacker Vietnam - Kamboja - Thailand

Satu alasan gw kenapa akhirnya memutuskan jalan-jalan ke luar negeri, yaitu paspor gw abis akhir tahun ini! Haahaaaa. Sayang aja gitu kalau ga dipake lagi stelah terkahir ke Korea waktu itu.
Sebenernya gw ada rencana pengen ke Halong Bay, tapi apa daya karena agak mahal dan temen yang gw ajakin ga mau kalau mahal dan gw juga lagi ga mau sendirian jalan-jalannya. Jadi gw ikut backpackerannya temen gw. Agak sedikit terjadi perdebatan sebelum berangkat, tapi sudahlah kalau udah sahabatan mau berantem kayak apa ujung-ujungnya juga baik lagi...huuufftt. Persahabatan yang cukup berat.

Yes, gw kali ini berangkat bareng sahabat gw dan beberapa temen yang nemu di bpi (*Backpacker Indonesia). Bukan gw yang nemuin, tapi temen gw..hehee. 8 orang yang akhirnya mencar pas udah nyampe sana. Kalau ada pertanyaan kenapa bareng? Gw juga ga ngerti. Hanya Tuhan yang tau. Setidaknya gw jadi nambah temen lagi. Gw berangkat tanggal 16 Februari '16 malem ke Ho Chi Minh, Vietnam, pulang tgl 22 Februari'16 sore dari Don Mueng, Thailand. Berangkat naik Tiger Air transit Singapore harga tiket dapet 678.000 rupiah aja. Murah yee?? Amazing! Coba tiket ke kota-kota di Indonesia lebih murah, mungkin orang-orang Inonesia bisa lebih menyemarakkan traveling keliling Indonesia daripada luar negeri. Pulang naik Lion Air transit Singapore juga tapi bentar, harga tiket 1jutaan gitu deh (*tepatnya gw lupa). Budget perkiraan gw seharusnya 5juta cukup buat 3 negara ini dan yeahhh...beneran tepat!


VIETNAM

Pesawat Tiger berangkat jam 8 dari Jakarta, tapi dari Singapore ke Vietnam berangkat jam 7 pagi dan gw bermalam di bandara Singapore. This is the first time for me sleeping at the airport! Rasanya...amazing!! Kayak gembel ya..hahahaa. Sampe malem-malem diperiksa petugas. Tapi semuanya berjalan lancar sampai kita tiba di Vietnam.


Sebelumnya kita udah pesan penginapan di daerah Pham Ngu Lao, Ho Chi Minh. Dari Bandara cuma naik bus sekali (no bus 152) dan turun di terminal depan Benh Tan Market. Terus jalan kaki aja, agak lumayan siy namanya juga backpacker...heu. Karena check in baru bisa jam 1 siang dan kita sampe sana jam 10 pagi, jadi kita numpang cuci muka di kamar mandi bawah, nitipin tas terus lanjut cari makan deh. Kita makan mie namanya pho. Katanya siy khas sana gitu. Inshaa Allah halal..hahaaa. Pesen kopi dingin Vietnam juga yang terkenal itu. Serius enak!! Entah gw laper...tapi ini beneran enak...hahaa. Kopinya juga! Ga nyesel deh.




Daripada balik lagi ke penginapan, mending kita langsung jalan-jalan mengingat waktu yang amat sangat terbatas. Temen yang dari bpi mau ngejar bus ke Kamboja besok pagi, sedangkan gw & sahabat gw pengennya siy bus malem biar hemat penginapan. Akhirnya kita memutuskan untuk jalan-jalan ke Cu chi Tunnel pakai agen trip gitu, soalnya jauh. Sempet ada trouble bus mogok di tengah jalan, tapi akhirnya lancar sampai tujuan dengan mobil van pengganti yang nyusulin. Dan di perjalanan kita kenalan sama orang Malaysia juga. Mungkin karena bahasanya hampir sama kali ya, dia jadi ikutan jalan bareng kita..hehee.

Di cu chi tunnel isinya tentang sejarah jaman Perang Vietnam. Banyak tempat persembunyian dan terowongan sempit yang menghubungkan antar satu lubang dengan lubang lainnya. Juga banyak ranjau, perangkap dan kalau mau coba nembak pakai senapan juga disiapin. Sejarah banget lah pokoknya.










Malemnya kita belanja di pasar malem sekitaran Benh Tan, tapi sebelumnya kita makan malem dulu buat ngisi energi. Belanja itu menguras energi, man! hahaa. Karena nyari yang halal jadi kita makan di resto Malaysia. Abis itu lanjut belanja. Berhubung budget tipis, jadi gw cuma beli magnet aja buat oleh-oleh. Sebenernya pengen beli kopi nya...tapi ga jadi takut duitnya kurang nanti. Dan sekarang saya menyesal ga beli...hikss!



Hari kedua di Ho Chi Minh, kita memutuskan untuk city tour aja karena sorenya harus ngejar bus ke Kamboja. Kita mengunjungi tempat patung bapak Ho Chi Minh, gedung Opera, Kantor Pos kuno dan Gereja Notre Dame.








Sorenya kita naik bus ke Kamboja, harga $17,5. Kita transit di Pnom Penh dan ganti sleeper bus ke Siem Reap. Sleeper bus nya nyaman banget. Seandainya di Indonesia udah ada Sleeper bus, enak kali ke daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur naik Sleeper Bus...hahaa..entah kapan lah.




KAMBOJA

Berdasarkan keterangan si agen trip yang jual tiket bus, baru akan sampai sekitar jam 8 pagi di Siem Reap dan kita udah pasrah aja kalau ga liat sunrise di Angkor Wat. Tapi ternyata takdir berkata lain, kita nyampe disana sekitar jam 5 subuh. Thanks God! Langsung lah kita naik Tuktuk ke Angkor Wat tanpa check in dulu di penginapan (*check in nya jam 1 juga lagian). Kita nawar tuktuk $27 untuk disewa seharian sampai jam 9 malem. Untung mas-mas tuktuk baik dan dia setuju. Disini tidak ada angkutan umum, jadi emang tuktuk aja.

Sunrise at Angkor Wat...here we come!!
Sampai di Angkor, kita ketemu sama temen-temen yang dari bpi. Bedanya kita masih kucel karena ga sempet mandi, mereka udah cantik karena udah sampai dari malam hari dan check in di penginapan hahahaa.

Jadi ceritanya disini itu komplek Wat (candi) gitu. Ada Angkor Wat, ada Tomb Wat (*karena pernah buat syuting Tom Raider), ada Ta Phrom Wat dan masih banyak lagi. Kita sudah sangat lelah untuk mengelilingi semuanya, jadi kita cuma ke beberapa candi aja. Kalau untuk 1 day pass itu harganya $20. Beda lagi kalau 2 day pass atau 3 day pass. Tiketnya keren! Kita difoto dulu pas buat tiketnya.

















Kita baru check in di penginapan sekitar jam 2 siang, janjian lagi ketemu sama mas tuktuknya jam 3.30 sore. Istirahat dulu, mandi dan langsung cuss muterin Siem Reap. Kita sempet bingung mau kemana, nanya ke mas-mas tuktuknya juga bingung. Dia sempet ngerekomendasiin tempat buat liat sunset yang bagus, tapi dia bilang kalau jam segini udah telat karena tempatnya lumayan jauh. Akhirnya pilihan jatuh ke Cambodian Cultural Village. Disana kita bisa tau tentang kebudayaan Kamboja. HTM nya $15 sepuasnya. Seharusnya bisa dari pagi, tapi somehow waktu kita tetap terbatas. Jadi kita nikmatin sore hingga malam di tempat itu. Ada theatricalnya juga. Keren lah pokoknya!





Kita baru keluar jam 8 malem karena kita mau liat theater utamanya. Karena belum beli oleh-oleh, jadi kita nego ke mas tuktuknya untuk nambah sampai jam 10 malem. Akhirnya sepakat kita bayar $32 (*ga jadi $27...kasian), padahal dia udah capek banget kayaknya..udah ngantuk gitu. Maafkan kita ya mas..hiks! Kita mampir di pasar malemnya Siem Reap. As usual gw beli magnet hahaaa. Tapi sempet beli baju juga buat ponakan karena bingung mau dikasih oleh-oleh apa. Setelah jam 10, akhirnya kita kembali ke penginapan dan cari makan malam, udah pada tutup siy tapi ada satu resto yang masih buka dan halal. Ternyata resto Malaysia lagi...ya sudahlah gapapa, daripada ga makan dan tidur kelaperan.



THAILAND

Pagi jam 9, kita naik bis Nattakan ke Bangkok, Thailand. Harga tiketnya $28. Karena hostelnya ga ngasih kita sarapan, jadi kita sarapan dulu di KFC. Sekalian beli burger untuk di jalan nanti takutnya berhenti di tempat makan ga halal lagi macem dari Ho Chi Minh ke Siem Reap. Tapi ternyata perkiraan gw salah. Kita udah dapet snack, dan makan siang nasi goreng gitu (*made in seven eleven..hee). Perjalanan sekitar 8 jam-an gitu, udah termasuk berhenti di border buat cap paspor. Pemberhentian terakhir di daerah Mochit. Sempet bingung naik apa ke daerah Khao San karena penginapan kita disitu. Bertanyalah temen gw ke orang Filipina dan dia ngasih tau kita untuk naik taksi ke stasiun BTS atau MRT terdekat. Si tukang taksi nya ga gitu bersahabat dan dia ga bisa bahasa Inggris. Kelar lah pokoknya! Tapi untungnya sampai dengan selamat di stasiun walaupun sempet macet di jalanan karena ini hari Sabtu...weekend men! Ada pasar malem Chatucak. Lanjut naik MRT turun di stasiun terakhir, lanjut naik tuktuk. Sampailah kita di penginapan....huuffftt...perjalanan panjang dengan bawa-bawa ransel yang udah mulai lumayan berat. Karena kita nginep di jalan Khao San, disana ramai kalau weekend, ada pasar malemnya juga dan tempat dugemnya orang-orang bule, tapi kita memilih untuk stay di hotel aja karena terlalu lelah. Kecuali temen cowo gw, dia penasaran sama Khao San sambil cari makan malem. Dan berhubung dia bukan muslim, jadi dia bebas deh mau makan apa aja. Sedangkan gw dan temen gw makan burger yang tadi kita bekal karena ga kemakan waktu di bus. Udah dapet makan kan...hehehee. Intinya gw tepar di penginapan!


Keesokan harinya, kita jalan-jalan sekitaran Bangkok. Tempat yang kita tuju yaitu Grand Palace, Wat Pho, dan Asiatique. Sempet ada kejadian lucu sebelum ke Asiatique. Jadi ceritanya temen gw mau ke suatu tempat yang katanya tongkrongan anak gaul gitu dan bisa liat sunset tapi temen gw yang cowo maunya belanja di Chatucak. Sempet berdebat, tapi akhirnya temen gw yang cewe yang menang karena kita ga ada yang mau belanja. Setelah dari Wat Pho, kita nganterin temen gw untuk beli tiket bus karena dia mau lanjut ke Chiang Mai dan Laos. Nah dari situ, kita mau lanjut ke tempat yang dimaksud temen gw itu. Nanya lah ke mba informasi yang ada di loket bus tersebut, sekalian minta di tulisin dalam huruf Thai biar supir bus nya ngerti pas kita nanya. Mungkin si mba itu salah paham dengan tempat yang kita maksud. Pas udah naik bus, tiba-tiba kita diturunin di daerah Khao San which is masih daerah tempat kita nginep....hahahaaa. Dan kita pun ga nemu tempat itu berada dimana. Ini lucu banget men! Pasti si mba-mba informasi tadi ga paham maksud temen gw. Akhirnya kita memutuskan untuk belanja aja ke Chatucak biar temen cowo gw lega dan abis itu lanjut ke Asiatique.














Di Asiatique kita makan di resto India yang Inshaa Allah halal. Enak deh makanannya..atau gw yang laper lagi? hahahaa. Sampe di penginapan langsung tepar lagi karena beneran full jalan seharian!


Karena kita masih punya waktu di pagi hari, jadi kita sempetin cari oleh-oleh di daerah Khao San. Sempet nyari makanan Mango Sticky Rice tapi ga nemu...hiks. Ga ada yang jualan di daerah situ. Siang jam 12 check out penginapan, naik tuktuk ke daerah Mochit dan naik bus A1 ke Don Mueng, So, this is the end of our backpacker trip.

Btw, kalau mau cari tiket wisata yang ada di Thailand bisa beli disini.

13 comments:

  1. hii kio, saya ada rencana indochina juga, mau tanya sleeper bus dari vietnam ke kamboja itu beli dimana tiketnya? dan apa nama bus nya? lama perjalanan vietnam kamboja berapa lama? dan schedule keberangkatannya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii juga shifa..
      Makasih yah udh mampir di blog aku 😊
      Utk sleeper bus, aku beli di dkt penginapan di daerah Pham Ngu Lao, Ho Chi Minh. Disitu banyak agen travel gitu kok. Kamu bisa bebas pilih bus pagi atau sore.
      Sebenernya kalau dari Vietnamnya sendiri pakai bis biasa, tapi dari Pnom Penh ke Siem Raph baru pakai sleeper bus. Dan aku lupa nama busnya apa 😅. Yg pasti aku ambil bus sore makanya bisa dpt sleeper bus.

      Kalau lama perjalanan sekitar 12-14 jam. Itu juga berhenti di border dulu untuk cap paspor masuk ke kamboja sekitar 1-2 jam

      Delete
  2. Halo kio...
    salam kenal dlu ya dari Bali.. ^^

    Boleh nanya2 dong ya? Aku ada rencana nih backpackeran vietnam kamboja. Ini first time backpackeran, sbelumnya selalu pake jasa travel.
    Nah kalo dari bandara Tân Sơn Nhất ke hotel itu bagusnya pake transport apa ya? taxi atau bus?
    trus selama jalan2 disana kaya city tour sampe ke marketnya itu sarannya pake transport apa ya disana?
    Boleh tau gak nama hotelnya waktu di siem reap?

    *oya kalo tiket pesawatnya brangkat ke vietnam trus baliknya dari cambodia itu masalah gak sih wktu di Imigrasi ? biasanya kan dimintain tiket baliknya. tp klo baliknya bukan dari vietnam kan ga masalah ya?

    hihihi...panjang eh aku nanyanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Holaa Tika...salam kenal juga 😊
      Aku coba bantu jawab yahh..
      Untuk transportasi ya tergantung kamu pesennya di daerah mana. Kalau sama kayak aku di daerah Benh Tanh atau Pham Ngu Lao ya mending naik bus. Karena cuma sekali aja trus turun di terminal Benh Tanh. Tapi kalau daerah lain aku juga kurang tau.
      Dan kalau penginapan di daerah sana juga city tournya mending jalan kaki. Karena emang deket kok antara tempat satu dgn lainnya. Kecuali kalau ga kuat jalan yaa..mending naik bus atau taxi hehee

      Untuk penginapan di Seam Reap, namanya Mei Gui guesthouse. Karena dekat dgn tempat makan dan letaknya juga di central area.

      Tiket pulang siy ga masalah ya. Aku pulangnya kan juga dari Thailand bukan dari vietnam lagi.

      Delete
  3. sore kio.. saya fadly dari jakarta,, rencana aku januari ada trip ke 3 negara itu aku mau tanya sedikit boleh yaa hehe

    1. kalau naik bus 150 dari bandara vietnam naiknya dari mana kio? harga nya brp?

    2. waktu ke vietnam sempat nukarin uang di indo apa pas disana?

    3. hotel ku di pham ngu lao juga nih hehhe mau tanya kalau yg travel ke cu chi tunnel itu beli ya dimana dan brp kio? ada kontaknya gak?

    4. kira2 ada gak yaa bus dari vietnam langsung ke bangkok kio? soalnya rencana aku kamboja mau numpang lewat aja soalnyua pernah ke kamboja dan biaya hidupnya mahal bgt karna pakai dollar hhahaa

    maaf yaa kalau aku nanya nya banyak bgt hahhaa soalnya pas aku baca iternerary kau 80% mirip rencana aku bsk dan pesawat kita jam nya juga sama pergi dan sampai di vietnam nya jadi moga aja bisa cocokin jadwal sama punya kamu kemarin hehehe makai yaa kio moga next time bisa backpackeran bareng hahaha

    fadly: 081932675632

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi Fadly...hehee
      Mau tanya apa aja bolee kok.
      Aku coba jawab yah

      1. Untuk bis 150, aku juga kurang tau yah lewat bandara apa ngga, karena aku naik 152. Bus tsb ada di depan bandara pas kita keluar. Klo ga nemu, tanya petugas sekitar situ aja.

      2. Aku siy tukernya di Indo ya. Tapi temen aku ada yg tuker duit disana kok. Mending bawa dollar aja, klo tuker disana rate nya lebih bagus.

      3. Aku ke chu chi tunnel nyari agen wisata disana. Di Pham Ngu Lao banyak kok yang nawarin wisata2 di vietnam. Nanti kamu coba tawar2 aja harganya.

      4. Kalo mau nyari bus ke thailand coba cari di agen wisata yang tadi aku bilang. Aku nyari bus ke Kamboja disitu juga. Aku lupa ada apa ngga, soalnya agak jauh juga ya klo langsung ke thailand. Kalaupun ada mungkin transit dulu.

      Have fun yah disana!!
      Next time backpackeran bareng? Why not? Hehee..amin

      Delete
  4. Kio salam kenal.
    Mo tanya kamu naik bus dri ho chi min ke siem reap itu ambil yang jam berapa ya?
    Trus beli tiket bus nattakan dimana.
    Thks sblumnya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Cerita yang menarik mba Kio, keren! Itinerary kita hampir sama juga, bedanya saya dari Cambodia ke Thailand. Semuanya lewat jalur darat juga. Saya juga membahas perjalanan saya di blog saya https://www.travelnstory.com/ :D

    ReplyDelete
  7. Mba itu ada bus malam dari Vietnam ke Kamboja? Berangkat dari terminal mana dan jam berapa? Sampai Kamboja jam berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok bus malam ke kamboja. Kamu tanya2 aja ke agen travel. Aku ga naik dari terminal, naiknya dari depan agen travel yang jual tiket bis tsb. Tepatnya di daerah Pham Ngu Lao karena penginapan aku deket situ.
      Aku berangkat jam 4 sore. Transit di Pnom Penh sekitar jam 12 malem. Sampai di Siem Reap sekitar jam 5 subuh.

      Delete
  8. Wahhh bermanfaat banget nih infonya

    ReplyDelete
  9. jadi pingin ke kamboja - vietnam

    ReplyDelete